Rabu, 20 Juli 2011

Sumber daya mineral dan Cadangan


            Pengertian Sumber daya mineral adalah suatu besaran atau banyaknya endapan bahan galian (bahan tambang) yang mungkin bernilai ekonomis dan hanya berdasarkan kriteria geologi saja.


      Cadangan merupakan bagian dari sumber daya yang berdasarkan kelayakan ekonomi dan ditinjau dari beberapa aspek, bahan tersebut dapat ditambang.


       Cadangan dalam pengertian geologi-pertambangan suatu besaran endapan bahan galian yang menggambarkan letak keterdapatan, bentuk tubuh bijih, volume atau tonase, dan mutu / kualitas, sehingga berdasarkan penilaian ekonomi, bahan tambang tersebut layak untuk ditambang.


Cadangan dikelompokkan menjadi 2 kategori yaitu:

  1. Cadangan Terkira (Probable Reserve) adalah sumber daya mineral terunjuk dan sebagian sumber daya mineral terukur yang tingkat keyakinan geologinya masih lebih rendah, yang berdasarkan studi kelayakan tambang semua faktor  yang terkait telah terpenuhi, sehingga penambangan dapat dilakukan secara ekonomis.
  2. Cadangan Terbukti (Proved Reserved) adalah sumber daya mineral terukur yang berdasarkan studi kelayakan tambang semua faktor yang terkait telah terpenuhi, sehingga penambangan dapat dilakukan secara ekonomis.
Dalam proses penambangan sering digunakan istilah atau jenis cadangan sebagai berikut:
  • Cadangan Geologi (Geological Reserved) adalah sejumlah cadangan yang batas-batasnya ditentukan oleh suatu model geologi. Dalam cadangan ini belum diperhitungkan faktor lain seperti prosentase perolehan penambangan dan pengurangan lainnya.
  • Cadangan Tertambang (Mineable Reserved) adalah sejumlah cadangan yang secara teknis-ekonomis dapat ditambang. Faktor seperti cut-off grade dan stripping ratio telah diperhitungkan.
  • Cadangan Terambil (Recoverable Reserved) adalah sejumlah cadangan dari mineable reserved yang telah memperhitungkan faktor prosentase perolehan penambangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar